Jumat, 23 Juli 2010

PENGHARGAAN BUKAN HUKUMAN





Di negara barat pendidikan pada anak bukan berdasarkan kepada nilai raport semata, tetapi mereka menitik beratkan kepada penghargaan atas apa yang telah dilakukan oleh anak. Walaupun hasil kreativitas anak itu tidak bernilai tinggi dimata orang dewasa tetapi tetap saja dianggap sesuatu yang berharga. Ketika penghargaan datang maka anak akan mempunyai jati diri yang tinggi atau konsep diri yang matang.
Di negara kita, sayang sekali semua pelajaran itu pada akhirnya harus mempunyai angka sebagai tanda bahwa anak mempunyai prestasi. Jika tidak mencapai angka tersebut maka dianggap anak tersebut belum mencapai prestasi yang membanggakan. Angka menjadi patokan. Sehingga apa yang dihasilkan atau dikejar adalah suatu yang semu saja. Ketika angka berhasil tetapi anak tidak melihat adanya suatu pencapaian kreativitas hanya pencapaian angka semua, maka tujuan dari pendidikan kita akan gagal.
Pendidik mulailah melakukan suatu konsep baru dalam pemberian penghargaan kepada anak apapun hasil yang dicapainya bukan suatu hukuman tidak naik kelas /tidak lulus karena angka yang tidak memenuhi syarat. Kebutuhan kreativitas sangat penting bagi dunia kita dan dunia yang akan datang. Semoga berhasil!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar