Minggu, 16 Januari 2011

Memilih mainan yang cocok untuk anak anak

Dunia anak adalah dunia bermain. Namun, dari sekian banyak jenis mainan yang dijual di toko toko mainan atau pasar tradisional, tak semuanya layak diberikan pada anak anak.

Ada mainan yang mengajarkan anak untuk gagah gagahan dan mengenal kekerasan, ada pula mainan yang terbuat dari bahan berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, orang tua harus teliti dalam memberikan mainan untuk anak anak. Lalu bagaimana cara memilih mainan yang aman dan mendidik kecerdasan dan rasa humanis seorang anak?

Yang paling mudah adalah memperhatikan label mainan yang terdapat pada kemasan, untuk melihat rekomendasi usia anak yang sebaiknya bermain. Ini amat penting untuk menjaga keselamatan anak dari sisi perilaku dan tingkat perkembangan.

Kemudian, kita bisa memilih mainan yang bagian bagiannya tidak mudah lepas atau rusak. Setelah itu kita bisa memilih mainan yang edukatif untuk mengembangkan kecerdasan dan kreativitasnya. Contohnya jigsaw puzzle atau balok susun untuk membuat rumah-rumahan.



Alat musik sederhana juga bisa membantu perkembangan otak anak. Misalnya sebuat drum kecil, tamborin, atau keyboard sederhana. Cara anak anak memainkan alat dan meramu musik dapat melatih kreativitasnya.

Kalau anak sudah bisa berjalan, akan lebih baik bila orang tua mengenalkan pada permainana tradisional pada saat orang tua mempunyai waktu luang. Permainan tradisional dapat membantu mengasah kepekaan anak pada lingkungannya. Anak dapat belajar berbela rasa dan mengenal warisan permainan dari leluhurnya.

Sumber:
Klasika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar