Kamis, 26 Agustus 2010

PENYANDANG DISLEKSIA TETAP PINTAR

Hari Selasa tgl 24 Agustus yang lalu, saya membaca di suatu koran dengan judul Mereka (tetap) Anak pintar. Saya baru mengenal Disleksia ketika saya menonton suatu acara di TV . Judul lupa tetapi ada 2 orang gadis yang ingin menjadi top model di Amerika Serikat. Kedua gadis itu merupakan yang pemenang dari sekian banyak calon top model. Namun salah seorang dari gadis itu ternyata menderita disleksia. Saya sendiri baru menyadari apa disleksia ketika gadis itu harus membacakan script dari suatu iklan, ternyata dia membaca terbalik balik dan kurang lancar. Tetapi dengan spirit yang tinggi tidak mau kalah kompetisi dengan temannya, dia berlatih terus dan akhirnya dia menang dari lawannya yang jauh lebih baik.

Anak anak disleksia ternyata mempunyai potensi besar dan memeilik intelgensia normal atau diatas rata-rata. Tetapi kalo penangannya tidak tepat maka potensi jadi hilang karena tidak dapat mengembangkan potensinya. Keunggulannya dalam VISUAL SPATIAL, analisis masalah yang mendalam, kesadran sosial, penyelesaian masalah geometri catur atau permainan catur.

disleksia ada 2 macam yaitu development dislexia artinya bawaan sejak lahir . Tipe yang kedua adalah acquired dyslexia yang didapat karena gangguan perubahan cara otak kiri membaca.

Buat mereka yang mempunyai putra putri Disleksia, cobalah mencari ahlinya atau mencari informasi pada Ketua Asosia Disleksia Indonesia.

1 komentar:

  1. Sayang ya kalo gak diperhatikan khusus oleh ortunya. Disleksia kan kondisi yg unik.
    Halo Ina, kok lama gak keliatan (di dunia maya maksudnya..)

    BalasHapus